Dede Kurniadi Rotating Header Image
viewporntube indobokep classicrentcar borneowebhosting informasiku pontitravel pontiarmada classicborneorentcar

Foto Aktivitas Matahari Pertama Dengan Teleskop Canggih

Untuk pertama kalinya kita dapat melihat aktivitas matahari dengan jelas,  Solar Dynamics Observatory (SDO), teleskop paling mutakhir untuk pengamatan matahari, berhasil menangkap aktivitas sang surya dengan sangat jelas.

Foto-foto yang dirilis NASA ke publik pekan ini memperlihatkan dengan sangat jelas aktivitas matahari yang mengeluarkan 100 ledakan bom hidrogen. Melalui foto-foto tersebut diketahui pula bagaimana wilayah ring of fire matahari memanas hingga puluhan juta derajat, mengembang hingga puluhan ribu mil hingga menjadi sangat besar dan bisa berisikan lebih dari 100 planet seukuran Bumi.

Direktur Divisi Heliophysics NASA Richard Fisher, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (23/4/2010) menyebutkan, foto-foto spektakuler yang dihasilkan SDO memberikan pandangan terbaru yang lebih segar mengenai bagaimana matahari bekerja.

Kejernihan gambar yang dihasilkan DSO juga menjanjikan hasil data ilmiah yang lebih menyeluruh ketimbang teleskop pengamat matahari lainnya. Setiap hari, DSO mengirim 1,5 terabytes data ke Bumi. Jumlah ini setara dengan 500.000 lagu pada pemutar MP3.

“Hasil pencitraan awal memperlihatkan kedinamisan matahari yang belum pernah saya lihat sebelumnya selama lebih dari 40 melakukan penelitian matahari,” kata Fisher.

SDO, menurut Fisher, akan mengubah pemahaman terhadap matahari dan prosesnya yang mempengaruhi kehidupan penduduk Bumi. Misi penelitian ini, lanjutnya, memiliki dampak yang sangat besar terhadap dunia sains, sama seperti dampak yang dihasilkan dari penelitian astrofisika modern menggunakan teleskop Hubble.

Sementara itu, kepala penelitian Dean Pesnell menyebutkan, hasil pengamatan SDO yang diluncurkan sejak Februari silam telah berhasil menyangkal setidaknya satu teori. Namun dia menolak menerangkan lebih rinci teori tersebut.

“Gambar-gambar mengagumkan, yang memperlihatkan dinamika matahari dalam tingkatan detail yang baru, hanya permulaan dari bentuk kontribusi SDO untuk bisa memahami matahari lebih jauh lagi,” terangnya.

Misi penelitian matahari selama lima tahun menggunakan SDO ini, akan menguji wilayah magnetik matahari dan menghadirkan pemahaman yang lebih baik mengenai peran matahari dalam perubahan iklim Bumi. Penelitian ini akan menentukan bagaimana wilayah magnetik matahari terjadi dan berubah menjadi peristiwa matahari yang kuat seperti turbulensi angin matahari.

Source : Okezone.com English :NASA, New Telescope First Sun Submit Photo

One Comment

  1. mantabs juragan, terima kasih informasi manisnya, mampir-ampir atuh ka rorompok bekok ups maksadna ka rorompok emblog 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *