Dede Kurniadi Rotating Header Image

Borland C++

Mengenal Variabel dan Konstanta Dalam Bahasa C++

Lanjutan dari tulisan sebelumnya mengenal tipe bentukan dalam bahasa c++, sekarang saya akan sedikit mengulas mengenai pengenalan variabel dan konstanta dalam bahasa pemrograman c++ .
Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. sedangkan konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses program berlangsung. Konstanta nilainya selalu tetap. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu di awal program. Selain itu, bahasa C juga menyediakan beberapa karakter khusus yang disebut karakter escape, antara lain :

\a : untuk bunyi bell (alert)
\b : mundur satu spasi (backspace)
\f : ganti halaman (form feed)
\n : ganti baris baru (new line)
\r : ke kolom pertama, baris yang sama (carriage return)
\v : tabulasi vertical
\0 : nilai kosong (null)
\’ : karakter petik tunggal
\” : karakter petik ganda
\\ : karakter garis miring.

(more…)

Mengenal Tipe Bentukan Di Bahasa C++

Bagi anda yang masih belajar bahasa pemrograman C++, disini saya akan sedikit berbagi mengenai Tipe data bentukan dalam bahasa pemrograman C++.
Tipe bentukan adalah tipe-tipe yang dibuat sendiri dengan menggunakan tipe-tipe dasar yang tersedia. Tipe bentukan ini dibagi ke dalam tiga bagian yaitu, array, struktur dan enumerasi. Untuk membuat sebuah tipe data bentukan kita perlu menggunakan keyword typedef.
Apa saja yang termasuk dalam tipe bentukan dalam c++? berikut ini akan saya ulas secara perlahan, yang meliputi tipe data bentukan dalam bahasa pemrograman C++.

1. Array
Array merupakan kumpulan dari nilai-nilai data yang bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan nama yang sama. Letak atau posisi dari elemen array ditunjukkan oleh suatu index. Dilihat dari dimensinya array dapat dibagi menjadi Array dimensi satu, array dimensi dua dan array multi-dimensi.

//Bentuk Umum Array 1 Dimensi
type_data variabel[jumlah_elemen];

//Bentuk Umum Array 2 Dimensi
type_data variabel[jumlah_elemen1] [jumlah_elemen2];

//Bentuk Umum Array Multi Dimensi
type_data variabel[jumlah_elemen1] [jumlah_elemen2];

(more…)

Related Search :

Membuat Rekursif dengan C++

He…. dach lama nich gak ngutak-ngatik C++, soale kebanyakan curhat melulu, nach kali ini kebetulan aku lagi mood ngutak ngatik bahasa pemrograman C++, mungkin aneh juga kenapa tiba-tiba aku jadi ngutak-ngatik lagi C++, mungkin ini dikarenakan kemarin-kemarin ada temenku yang lagi kuliah tingkat satu, nanya katanya “AA bisa bikin tugas tentang rekursif ga?” (Panggilan orang sunda sama anak laki-laki yang umurnya diatas dia) jawabku dengan singkat “aku dach lama tuch ga ngutak-ngatik rekursif, tapi yach apa boleh buat, yang nanyanya cewek, aku paling pantang untuk bilang tidak kalo yang minta pertolongannya tuch cewek, akhirnya yach aku juga jadi ngutak-ngatik lagi C++, padahal aku paling doyan klo ditanya permasalahan itu tentang pemrograman delphi atau pascal karena itu merupakan bahasa pemrograman favoritku, Lho kok jadi ngelantur :D, oke kita kembali kebahasan C++ kebetulan temenku yang nanya itu mempunyai permasalahnnya dengan soal sebagai berikut.

Soal Pertama, Dosennya itu menyuruh membuat sebuah fungsi rekursif dengan C++ yang menerima argumen suatu bilangan bulat 1 hingga n misalnya klo kita inputkan nilai n sama dengan 10 maka hasil output dilayar akan ditampilkan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

dan seterusnya sesuai nilai yang diinputkan.

Soal kedua masih sama dengan soal pertama tapi hasil outputnya merupakan kebalikannya misal klo kita masukan nilai n nya sama dengan 10 maka akan ditampilkan dilayar.

10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Dengan semangat dan antusias yang tinggi, meskipun udah lama gak pake C++, akhirnya ketemu jawabannya seperti ini,
Jawaban soal pertama.

 

#include <iostream.h>

#include <conio.h>

void rekursif_angka(int);
main(){
int nomor;
cout<<“Silahkan masukan nilainya :”;
cin>>nomor;
rekursif_angka(nomor);
getch();
}
void rekursif_angka(int n){
if (n>=1){
rekursif_angka(n-1);
cout<<“\n”<<;;
}
}

Jawaban soal kedua.

#include <iostream.h>

#include <conio.h>

void rekursif_angka_terbalik(int);
main(){
int nomor;
cout<<“Silahkan masukan nilainya :”;
cin>>nomor;
rekursif_angka_terbalik(nomor);
}
void rekursif_angka_terbalik(int n){
if (n>=1){
cout<<“\n”<<;;
rekursif_angka_terbalik(n-1);
}
}

Nach Jawabannya simple kan, he…. yach itu sengaja aku tulis di Blog ini kemungkinan ada rekan mahasiswa yang lagi kuliah, dan mempunyai permasalahan soal seperti ini, jadi aku gak mubadzir untuk mempublikasikannya meskipun memang ini masih merupakan permasalahan dasar :).

Related Search :